Panduan Budidaya Kacang Panjang

Diposting pada

[ad_1]

Budidaya tanaman kacang di Indonesia harus ditingkatkan dan dilestarikan. Mengapa demikian, dikarenakan semakin hari komsumsisayur kacang panjang akan mengalami kenaikan. Untuk itu kita sebagai anak Indonesia bangga dan harus melestarikan dalam budidaya tanaman kacang panjang.


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSnoM64JwCLVagDcOKENt4wgG3jgbWmcuBST3W5slDGZgES9B7WOw

Bagaimnakah langkah dan panduan dalam berbudidaya tanaman kacang panjang? Mari mulai sekarang pelajari tentang info seputar budidaya tanaman kacang panjang.Blogiztic akan mengulas cara budidaya tanaman kacang panjang yang benar sebagai berikut.

PEMBIBITAN

Benih kacang panjang yang baik dan bermutu unggul sebagai berikut:

1. penampilan bernas/kusam

2. daya kecambah tinggi di atas 85%

3. tidak rusak/cacat

4. tidak mengandung wabah hama dan penyakit dengan benih untuk 1 hektar antara 15-20 kg.

PENGOLAHAN MEDIA TANAM

– Bersihkan lahan dari semua gulma, dicangkul/dibajak hingga tanah menjadi gembur.

– Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 60-80 cm, jarak antara bedengan 30 cm, tinggi 30 cm, panjang tergantung lahan. Untuk sistem guludan lebar dasar 30-40 cm dan lebar atas 30-50 cm, tinggi 30 cm dan jarak antara guludan 30-40 cm

– Lakukan pengapuran jika pH tanah lebih rendah dari 5,5 dengan dolomit sebanyak 1-2 ton/ha dan campurkan secara merata dengan tanah pada kedalaman 30 cm

– Siramkan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis ± 1 botol (500 cc) POC NASA diencerkan dengan air secukupnya untuk setiap 1000 m2(10 botol/ha). Hasil akan lebih bagus jika menggunakan SUPER NASA, cara penggunaannya sebagai berikut:

alternatif 1 : 1 botol Super Nasa diencerkan dalam 3 liter air dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 50 lt air diberi 200 cc larutan induk tadi untuk menyiram bedengan.

alternatif 2 : setiap 1 gembor vol 10 lt diberi 1 peres sendok makan Super Nasa untuk menyiram 10 meter bedengan.

TEKNIK PENANAMAN

– Jarak lubang tanam kacang panjang untuk tipe merambat adalah 20 x 50 cm, 40 x 60 cm, 30 x 40 cm. Dan jarak tanam tipe tegak adalah 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm.

– Waktu tanam yang baik adalah awal musim kemarau/awal musim penghujan, tetapi dapat saja sepanjang musim asal air tanahnya memadai

– Benih direndam POC NASA dosis 2 tutup/liter selama 0,5 jam lalu tiriskan

– Benih dimasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 2 biji, tutup dengan tanah tipis/dengan abu dapur.

PENYULAMAN

Benih kacang panjang akan tumbuh 3-5 hari setelah tanam. Jika benih yang tidak tumbuh segeralah disulam.

PENYIANGAN

Penyiangan dapat dilakukan pada waktu tanaman berumur 2-3 minggu setelah tanam, tergantung pertumbuhan rumput di kebun maupun ladang. Penyiangan dengan cara mencabut rumput liar(gulma) membersihkan dengan alat kored.

PEMANGKASAN / PEREMPELAN

Kacang panjang yang terlalu rimbun perlu diadakan pemangkasan daun maupun ujung batang. Tanaman yang terlalu rimbun dapat menghambat pertumbuhan bunga.

PEMUPUKAN

Catatan : Atau sesuai rekomendasi setempat.

Pupuk diberikan di dalam lubang pupuk yang terletak di kiri-kanan lubang tanam. Jumlah pupuk yang diberikan untuk satu tanaman tergantung dari jarak tanam

POC NASA diberikan 1-2 minggu sekali semenjak tanaman berumur 2 minggu, dengan cara disemprotkan (4-8 tutup POC NASA/tangki). Kebutuhan total POC NASA untuk pemeliharaan 1-2 botol per 1000 M2 (10-20 botol/ha). Akan lebih bagus jika penggunaan POC NASA ditambahkan HORMONIK (3-4 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik/tangki). Pada saat tanaman berbunga tidak dilakukan penyemprotan, karena dapat mengganggu penyerbukan (dapat disiramkan dengan dosis + 2 tutup/10 liter air ).

PENGAIRAN

Pada fase awal pertumbuhan benih hingga tanaman muda, penyiraman dilakukan rutin tiap hari. Pengairan berikutnya tergantung musim.

PANEN

– Ciri-ciri polong alias kacang panjang siap dipanen adalah ukuran polong telah maksimal, mudah dipatahkan dan biji-bijinya di dalam polong tidak menonjol

– Waktu panen yang paling baik pada pagi/sore hari. Umur tanaman siap panen 3,5-4 bulan

– Cara panen pada tanaman kacang panjang tipe merambat dengan memotong tangkai buah dengan pisau tajam.

– Selepas panen, polong kacang panjang dikumpulkan di tempat penampungan, lalu disortasi

– Polong kacang panjang diikat dengan bobot maksimal 1 kg dan siap dipasarkan.

Semoga Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang yang Benar bisa dijadikan ingatan dan sebagai penyemangat kita betapa pentingnya Indonesia dalam berbudidaya tanaman kacang panjang.

[ad_2]

kumpulan tips berbisnis